1.
Finalis merupakan 30 tim terpilih
dari seleksi abstrak.
2.
Setiap peserta yang dinyatakan lolos
oleh dewan juri wajib melakukan registrasi dan mengirimkan naskah karya tulis.
3.
Setelah ditetapkan sebagai finalis,
wajib mengumpulkan full paper dari abstrak yang dinyatakan lolos seleksi dan CV
dari masing-masing anggota tim penyusun.
4.
Full paper dikirimkan beserta CV ke
email youthpowerugm2014@gmail.com paling lambat 20 Februari
2015, format Microsoft word/*doc/x.
5.
Subject email dan nama file di tulis
dengan format berikut : PaperYP_Nama
Katua Tim_Asal Universitas_Tiga Kata Pertama dari Judul Paper.
6.
Finalis melakukan konfirmasi
pengiriman melalui SMS ke Nomor 082134307453, dengan format : PaperYP_Nama Katua Tim_Asal
Universitas_Tiga Kata Pertama dari Judul Paper.
7.
Finalis melakukan pembayaran
akomodasi kegiatan sejumlah Rp. 400.000,- ke rekening Bank BNI 0266839690 a/n Eny Fatihatun Khasanah. Biaya tersebut digunakan sebagai biaya akomodasi, sertifikat
finalis, penginapan, konsumsi dan field trip. Pembayaran registrasi paling
lambat dilakukan sebelum 4 Februari 2015.
8.
Setelah melakukan registrasi biaya
pendaftaran, wajib mengkonfirmasi kepada panitia dengan format : PaperYP_Nama Katua Tim_Asal
Universitas_Tiga Kata Pertama dari Judul Paper_ Tanggal transfer. kirim ke : 082227050530 (Putri) dan juga mengirimkan bukti foto
atau scan pembayaran ke email youthpowerugm2014@gmail.com dengan subject: Pembayaran
Biaya CFP
9.
Peserta yang dinyatakan lolos namun
tidak melakukan registrasi, pengiriman naskah karya tulis dan beserta bukti
transfer biaya registrasi sesuai batas waktu pengiriman yang ditentukan panitia
20 Februari 2015, maka dinyatakan
gugur dan tidak dapat melakukan tahapan selanjutnya.
10.
Peserta lolos yang telah melakukan
registrasi lengkap, wajib datang ke Universitas Gadjah Mada untuk melakukan
presentasi pada tanggal 6 Maret 2015
dengan berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater universitas
masing-masing pada saat acara berlangsung.
11.
Pada saat presentasi diperbolehkan
menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana
dan prasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta.
I.
Ketentuan penulisan karya tulis (Full Paper)
1.
Naskah ditulis maksimal 25 halaman.
Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman akan
mempengaruhi penilaian.
2.
Karya tulis merupakan gagasan
orisinil buatan peserta dan belum pernah atau tidak sedang diikutsertakan dalam
lomba sejenis (lembar pernyataan orisinalitas).
3.
Setiap karya diperbolehkan untuk
dibimbing oleh dosen pembimbing.
4.
Bahasa Indonesia yang digunakan
harus baku dan ejaan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang
Disempurnakan (EYD).
5. Naskah diketik pada kertas HVS warna putih ukuran A4 dengan 1,5
spasi dan menggunakan jenis dan ukuran huruf "Times New Roman 12".
6.
Batas pengetikan: Batas samping kiri
: 4 cm
1.
Batas samping kanan : 3 cm
1.
Batas atas : 3 cm
1.
Batas bawah : 3 cm
7.
Abstrak dan Daftar Pustaka diketik 1
spasi.
8.
Tabel diberi judul dengan penomoran
tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah.
9.
Judul tabel ditulis di atas tabel
dengan nomor tabel menggunakan angka.
10.
Gambar baik dalam bentuk grafik
maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan
kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor
gambar menggunakan angka.
II.
Sistematika penulisan
1. Bagian Awal
a. Halaman Judul
1) Judul diketik dengan huruf besar,
ekspresif, sesuai, dan tepat dengan masalah yang ditulis, serta tidak membuka
peluang untuk penafsiran ganda.
2) Nama penulis dan
nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.
3) Perguruan tinggi
asal ditulis dengan jelas.
4) Tahun penulisan .
b. Halaman Pengesahan
(Format terlampir )
c. Kata Pengantar
d. Daftar Isi
Berupa daftar isi
dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar
lampiran.
c. Abstrak
Disusun maksimal
300 kata yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar
belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan,
kesimpulan dengan kata kunci.
2. Bagian Inti
a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan paling kurang
berisi hal-hal sebagai berikut:
1) Latar belakang
2) Perumusan
masalah
3) Tujuan dan
manfaat
b. Tinjauan Pustaka
1) Uraian yang menunjukkan landasan
teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.
2) Uraian mengenai
pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji .
3) Uraian mengenai
pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
c. Metode Penulisan
Penulisan dilakukan
mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur
pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi,
analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.
d. Pembahasan
Analisis
permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk
menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.
e. Penutup
1) Kesimpulan harus
konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
2) Saran disampaikan berupa
kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi ide yang diusulkan.
3. Bagian Akhir
1. Daftar Pustaka
menggunakan Sistem Harvard.
2. Daftar Riwayat Hidup peserta
minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah
yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
3. Lampiran .
III.
Kriteria Penilaian
Penilaian karya tulis meliputi 2
(dua) aspek, yaitu penilaian karya tulis dengan bobot 40% dan presentasi 60%.
Penilaian karya tulis dilakukan oleh tim yang terdiri atas 3 dewan juri.
Peserta atau tim akan didiskualifikasi apabila kedapatan tidak sesuai dengan
ketentuan dan atau pedoman yang telah ditentukan oleh panitia. Keputusan Dewan
juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Detail lebih lanjut akan dikirimkan ke email masing-masing
Download format
Tidak ada komentar:
Posting Komentar